Sabtu, 08 Maret 2014

Utak Atik Peluang Juara Piala Dunia 2014

Piala Dunia tinggal dalam hitungan bulan, bahkan hari. Pesta sepakbola terbesar di jagad raya akan segera dimulai. Genderang perang akan segera di tabuh. 32 tim dari segala penjuru dunia sedang mempersiapkan pasukannya. Jutaan rakyat di dunia juga sedang menyiapkan diri menyambut datangnya pesta akbar 4 tahunan ini. Mulai dari rakyat biasa, bandar judi sampai pejabat di seluruh negara saya yakin sedang menunggu.
Lalu siapakah yang di jagokan untuk menjadi juara di turnamen 4 tahunan ini ? Spanyol, sang juara bertahan, Jerman sang ambisius, atau Brazil sang tuan rumah ? Atau malah muncul kejutan dari tim kuda hitam, seperti Pantai Gading, Belgia, atau Korea Selatan ? Ini analisa saya yang ga seberapa ini mengenai utak atik peluang juara dunia. Yang saya sebut disini adalah negara yang menurut saya berpeluang meraih juara yaa.

1.      Spanyol
Sebagai juara bertahan Piala Dunia 2010 dan Euro 2012, tentu Spanyol adalah negara yang menjadi unggulan pertama disini. Dengan mayoritas pemain yang tidak jauh berbeda ketika memenangkan Trophy Euro 2012, kekompakan tim mereka akan terjaga. Di dukung lagi dengan kemampuan Del Bosque, pelatih Spanyol yang sudah menanamkan sepakbola cantik khas spanyol. Mari lihat lini per lini. Dari lini belakang, Spanyol masih di bentengi oleh duet Ramos-Pique. Duo benteng kokoh yang menjadi pilihan pertama pelatih. Kehilangan sosok Puyol yang sudah berumur bukanlah masalah. Jordi Alba dan Arbeloa di sisi full back juga sedang on fire. Lini tengah Spanyol, praktis dikuasai Barca-Madrid. Xabi, Iniesta, Xavi, dan Busquet menjadi kekuatan lini tengah spanyol. Belum lagi di sisi penyerangan, Spanyol memiliki Silva, Mata, Santi Cazorla, Torres dan david Silva. Dan jangan upakan sosok Diego Costa. Striker tajam yg dimiliki Atletico Madrid. So, peluang Spanyol bisa di bilang terbesar di antar kontestan yg lain.


2.        Jerman
Negara yang sejak Piala Dunia 2006 dan 2010 menunjukkan tren positifnya dengan selalu masuk di babak 4 besar menjadi unggulan terkuat lainnya. Dengan berbekal catatn impresif ketika kualifikasi Piala Dunia, dengan meraih 28 poin dari hasil 9 kali menang dan sekali imbang. Jerman merupakan tim dengan penyerangan terbaik dengan 36 gol dari 10 kali bertanding. Catatan ini duatas Belanda dengan 34 gol. Yang perlu dicatat adalah pertahanan Jerman yang lumayan buruk jika dibanding Belanda, Belgia, dan Italy. Mereka kemasukan 10 gol dari 10 kali bertanding. Keseimbangan tim menjadi sesuatu yg perlu disoroti. Di sisi penyerangan, siapa yg tak kenal Mario Gomez, Klose, Muller, bahkan sekarang ada Goetze dan Reus. Tapi di lini belakang, mereka tak punya nama beken. Hanya Lahm, Jerome Boateng, dan Hummels yang biasa mengisi pos belakang. Tapi, jangan pernah coret dulu Jerman dari tabel calon juara. Filosofi, sepakbola terbaik adalah menyerang, tentu akan menjadi peluru aktif De Panser. Mampukah mereka membobol gawang lewan melebihi jumlah gol yg masuk ke gawang mereka ? Jika bisa, Trophy Piala Dunia akan mereka genggam.

Pict by http://istanabola.com/

3.        Belanda
Belanda masuk hitungan unggulan sejak Euro 2010. Ketika itu mereka mampu masuk final, meskipun takluk dari tangan Spanyol yang memang sedang mengalami lapar gelar. Belanda bisa dikatakan saat ini adalah era emas. Mereka memiliki skuad yang bisa dikatakan istimewa. Di kiper, mereka memiliki Vorm, Stek, bahkan new comer, Tim Krul. Untuk lini belakang, mereka bisa dikatakan menjadi salah satu negara yang punya kekuatan bertahan yg cukup bagus. Mereka menjadi salah satu negara dengan catatan kebobolan sedikit ketika kualifikasi. Menjadi salah satu negara yang produktif dalam mencetak gol dengan 34 gol, 2 gol lebih sedikit dibanding mesin golnya Jerman. Tapi catatan impresif penyerangan mereka seimbang dengan lini belakang. Lalu apa yang membuat mereka diragukan utk merebut juara ?

Pict By http://bisnis-jabar.com/

4.        Brazil
Sang tuan rumah yang memiliki hasrat besar untuk merebut titel “Juara Dunia” pertama kali di kandang mereka. Mereka memang 5X meraih juara, tapi tak sekalipun dapat diraih di Brazil. Dan inilah yang bisa dikatakan menjadi salah satu hal yang ingin mereka capai tahun ini. Penasaran nih yeee. Wajar jika mereka penasaran. Pada tahun 1950, ketika mereka menjadi tuan rumah, mereka kalah dari Uruguay di final. Tapi mereka bisa meraih juara di negara lain. Kutukan ? belum tentu. Karena baru sekali Piala Dunai diadakan di Brazil sebelum tahun ini.
Skuad yang dimiliki Brazil tahun ini adalah Dream Team nya dunia. Julio Cesar, David Luiz, Marcelo, Dani Alves, Paulinho, Lucas, Neymar, Oscar, dan nama beken lainnya yg akan mengisi pos-pos di lini per lini Timnas Brazil. Apa yang di ragukan dari tim ini. Mereka menjadi juara di Confederation Cup dengan “menghajar” Spanyol 3-0. Mereka terlihat begitu digdaya dengan menghancurkan Juara bertahan Piala Dunia dan 2X berturut-turut Piala Eropa. Terbaru, mereka berhasil menggelontorkan 5 gol ke gawang Afrika Selatang di laga persahabatan. Mereka berhasil mengirimkan sinyal berbahaya ke kontestan lainnya.
Peluang mereka saya katakan paling besar. Saya memprediksi, mereka akan dengan sangat mudah lolos dari fase grup. Final ? Sangat mungkin mereka raih.

Pict by merdeka.com


Yang perlu dicatat disini adalah ketika Piala Dunia di selenggarakan di daratan Amerika Latin, tak ada satupun negara Eropa yang berhasil juara. Brazil, Urugay, Argentina, dan Chili adalah negara yang sempat mencicipi manisnya tuan rumah. Dan juaranya semua dari daratan Amerika Latin. Lalu apakah “kutukan” ini berlanjut di tahun ini ? Bisa iya dan tidak. Ini merupakan sekedar analisa dan prediksi singkat dari saya. Saya akan memberikan sedikit analisa lagi mengenai Potensi “Kuda Hitam” di Piala Dunia 2014. Siapa saja mereka dan sebesar apa kekuatan mereka.


NB: Ini hanya prediksi. Bagi kalian yg berjudi, jangan salahkan saya apabila salah. Dan untuk negara lain yg tdk saya sebut, bukan berarti mereka tdk berpeluang juara, peluang semua negara ada tapi tidak sebesar negara yang saya sebut di atas. Silahkan menebak-nebak J

0 komentar:

Posting Komentar