Rabu, 30 April 2014

Melody, Di Caci Tapi Di Cintai

Melody Nurramdhani Laksani atau akrab disapa Melody JKT48 adalah salah satu member yang paling dikenal publik Indonesia dan luar negeri (Jepang dan China) khususnya fans 48 Group. Banyak dari fans SNH48 yang sempat komentar di salah satu forum yang membahas mengenai Pelaksanaan Senbatsu Sousenkyo JKT48, mengutarakan bahwa sudah menjadi hal biasa jika Melody yang menjadi center. Seakan-akan sudah takdirnya lah.
Di Indonesia, perdebatan mengenai Melody yang mendapatkan posisi center untuk kesekian kalinya tidak kala seru. Bahkan cenderung sampai menjudge jelek Melody karena berbagai alasan yang menurut penulis kurang cocok. Misalnya adalah mengenai kebosanan melihat Melody yang jadi center. Atau karena di blow up nya lagi masalah Melody dengan teman dekatnya, Biondy. Yang bikin saya harus menelan ludah adalah, adanya dugaan permainan dari orang dalam untuk menempatkan Melody tetap menjadi center. Apa benar ? Saya sendiri tidak begitu yakin akan hal itu. Meskipun kemungkinan untuk melakukan itu sangat besar.
Center JKT48, Masih Tetap Melody
Banyak yang menganggap bahwa terpilihnya Melody sebagai Center bukanlah hal yg mengejutkan. Karena sudah bisa ditebak, bahkan sebelum proses voting dimulai. Saya pernah diskusi dengan teman saya, dan menemukan kesimpulan bahwa Center akan tetap di pegang Melody. Dan menjadi kenyataan kan. Lumayan, saya punya bakat jadi dukun. Ayo yg mau judi bola, cari referensi ke saya. Heheh.
Terlepas dari ada permainan orang dalam atau JOT atau tidak dalam proses Senbatsu yg menghasilkan Melody sebagai center, tapi kita perlu angkat topi untuk Fans Melody. 14,541 suara atau 4X lipat lebih dari peringkat ke 16 yg dipegang Jessica Vania. Angka yang fantastis untuk perhelatan pertama SS JKT48.
Ketika kita memaksakan pendapat bahwa terjadi permainan orang dalam dalam pelaksanaan SS kali ini, artinya kita mengesampingkan peran dari Fans, khususnya di kasus ini adalah Melody Oshi. Kasian perjuangan fans Melody yg kalian tidak anggap karena kalian menganggap bahwa peran dari dalam atau JOT.
Sekali lagi, terlalu munafik jika kalian tidak menganggap peran dari Fans. Puluhan juta uang yg sudah mereka keluarkan seakan-akan menguap begitu saja. Saatnya kita mengucapkan Selamat untuk Melody atas keberhasilan dia menjadi Center di single ke 6. Tunggu di pelaksanaan Senbatsu Sousenkyo yg lainnya. Semoga ada perubahan di sisi center.
Melody, Jelmaan Baru Atsuko Maeda (Acchan)
Bagi yang mengikuti 48 Group secara keseluruhan, nama Atsuko Maeda atau Acchan tidaklah asing. Member yang mengumumkan kelulusannya pada 2012 lalu itu bisa dikatakan adalah ikon dari AKB48. AKB48 ya Acchan.
Bahkan banyak yg memprediksi AKB48 akan runtuh ketika salah satu pondasi dari AKB48 hilang ketika Acchan lulus 2 tahun lalu. Menyisakan Yuko seorang diri sebagai center. Karena memang yang menguasai center adalah Acchan yang bergantian dengan Yuko ketika Senbatsu Sousenkyo digelar. Baru tahun kemarin, Sashi mendobrak status quo dengan mengalahkan Yuko.
Kembali lagi ke Acchan. Acchan selama 6 tahun menjadi Center dari AKB48. Bagi fans AKB48, Acchan itu Member Ace nya AKB48. Menemukan pengganti Acchan tidaklah mudah. Yang mampu mengangkat pamor AKB48 itu salah satu peran dari Acchan.
Lalu Melody, apakah Melody sudah sejauh itu ? Belum sekuat Acchan memang, tetapi kita harus berani mengakui jika Melody itu perannya bagi JKT48 sangat besar. Sejak pertama JKT48 mengeluarkan single, semuanya “dikuasai” Melody. Di kuasai disini adalah dari sisi penjualan Photopack sampai sisi Center. Jadi tidak berlebihan jika Melody disematkan sebagai jelmaan Aatsuko Maeda.
Yang perlu di khawatirkan adalah, bagaimana nasib JKT48 ketika Melody sudah tidak lagi mengisi barisan member JKT48 atau ketika Melody sudah graduation. Memang tidak ada yg bisa memprediksi apa yg akan terjadi nanti. Tapi kita perlu hati-hati pamor JKT48 akan turun ketika Melody sudah tidak di JKT48.
Karena tidak selamanya JKT48 memiliki Melody. Melody yang saat ini sedang menyelesaikan studi nya yang memasuki tahun terakhir kuliah juga butuh fokus dalam menyelesaikan skripsi. Lalu, saya memprediksi Melody tidak akan lama lagi di JKT48. Maksimal adalah tahun depan. Sorry jika saya mendahului takdir, tapi ini hanya sebuah prediksi. Persiapkan diri kalian ketika Melody sudah tidak lagi di JKT48.
Siapa Penerus Melody ?
Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa pengganti Melody. Yang pantas menyandang sebagai center dan panutan ? Tidak ada yang bisa menjawab memang. Jika dilihat, yang selama ini menemani Melody menjadi ikon, adalah Nabilah. Tapi apa Nabilah bisa menggantikan peran Melody yang bukan hanya sebagai center tetapi juga sebagai “Ibu” bagi member ? Jika di lihat dari umur, jelas Nabilah masih jauh dari harapan itu.
Lalu siapa dong ? Mungkin kalian bisa menentukan jawaban mulai dari sekarang dan banding-bandingkan dengan yang lain. Mungkin saya bisa membantu untuk memberikan indikator semata. Indikator ini saya ambil secara pribadi. Berdasarkan yg saya ketahui tentang Melody.

1.      Famous
Jelas, bahwa yang menggantikan Melody harus terkenal di kalangan fans. Sangat tidak mungkin yang menggantikan Melody adalah nama yg jauh dari perkiraan.
2.      Mampu Mengayomi Member
Peran Melody bukan hanya sebagai center. Tetapi Melody sukses menjalankan perannya sebagai “Ibu Negara” yang mengayomi member. Lihat bagaimana kedekatan Melody dengan member lainnya.
3.      Juru Bicara Yang Baik
Untuk yang satu ini, merupakan yang paling penting. Lihat bagaimana ketika ada event yang live di stasiun televisa dan di situ ada Melody, siapa yg mengambil alih peran sebagai MC ? Melody sebagai Kapten JKT48 dan Kinal sebagai kapten Tim J.
Jadi, siapa yang cocok ? Saya pikir semua bisa tetapi yang cocok menurut saya adalah Veranda atau Kinal. Silahkan nilai sendiri bagaimana Veranda dan Kinal ini.
Terima Kasih Melody
Di penghujung, pantas kita memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk Melody atas segala usaha yang dia lakukan. Kerja keras yang ia lakukan mengawal member yang secara umur banyak yg jauh dibawah Melody. Kerja keras yang ia lakukan sebagai perwakilan JKT48 sebagai brand ambassador di berbagai produk. Mulai dari provider sampai transportasi. (Sengaja tidak saya sebut karena tidak ada uang sponsor hihihi).
Sekali lagi, bukan mau mengecilkan peran member yang lain. Semua member berjuang sesuai dengan pos yg diberikan. Dan Melody sukses menjalankan tugasnya di pos atau garda terdepan JKT48, yakni branding dari JKT48.


Selamat Melody atas posisi center nya. Kamu pantas mendapatkan itu. Semangat mengerjakan skripsi. Saya tahu susahnya itu. Selamat berjuang lebih keras.

0 komentar:

Posting Komentar